7 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa yang Menarik untuk Dicoba

7 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa yang Menarik untuk Dicoba

Masih berstatus mahasiswa namun ingin punya penghasilan tambahan? Tidak ada salahnya mencari berbagai contoh bisnis kreatif mahasiswa yang memang sangat banyak. Salah satunya bisa jadi cocok untuk kamu tekuni. Sehingga di waktu luang, kamu bisa berpenghasilan tanpa khawatir kehabisan uang jajan ataupun biaya kuliah tersendat.

Siapa yang tidak mau coba, masih mudah bahwa masih kuliah sudah memiliki penghasilan sendiri. Mimpimu untuk segera mencapai financial freedom akan segera terwujud kalau seperti ini.

Contoh bisnis kreatif Mahasiswa yang bisa dicoba

Kalangan mahasiswa kekinian sangat meminati bisnis diantara jadwal kuliah untuk memperoleh penghasilan tambahan. Terbukti dari banyaknya mahasiswa yang menekuni bisnis dan beberapa terbilang sukses.

Apa saja bisnis mudah dan punya prospek sukses tersebut? Berikut ini beberapa contoh bisnis kreatif mahasiswa yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Menjual kosmetik

Produk kosmetik masuk ke dalam kategori produk dagang yang prospeknya menjanjikan, karena termasuk kebutuhan kaum Hawa. Kamu bisa mencoba berjualan aneka brand kosmetik baik lokal maupun import. Variant bisa ditambah dengan produk skincare yang saat ini tengah digandrungi masyarakat terutama dalam sistem share in jar.

Sedia dulu produk laris dan dalam jumlah terbatas, tawarkan ke teman kuliah atau dijual online supaya mudah dijalankan di tengah jadwal kuliah.

2. Menjadi fotografer maupun videografer

Punya bakat alami di bidang seni fotografi? Maka bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis jasa fotografi maupun videografi. Jasa satu ini cukup diminati dan beberapa pengguna jasa bahkan rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan foto dan video sesuai keinginan.


Coba kamu lihat, berapa banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi atau vidiografi? banyak dimulai adek-adek tk yang sedang perpisahan, kakak semester dikampus yang sedang mahasiswa, tetagga kamu yang sedang nikahan, sampai tante kamu yang lagi punya baby kecil.

3. Menjadi desainer pakaian

Punya keahlian atau mungkin sedang kuliah di jurusan desain pakaian, maka bisa langsung praktek dengan membuka bisnis desainer baju. Bisnis ini mudah ditekuni oleh kalangan mahasiswa karena bisa dilakukan kapan saja sesuai waktu luang. Bagaimana dengan pangsa pasarnya?

Dijamin tidak sulit ditemukan, karena semakin banyak orang yang enggan memakai baju yang sama di dua kesempatan. Semakin banyak pula yang merasa risih memakai baju yang sama dengan orang lain. Bisnis dibidang desain ini pasti akan selalu dibutuhkan.

4. Membuka jasa make up

Merias wajah butuh keahlian, dan jika kamu sudah memilikinya maka bisa dijadikan jembatan punya bisnis sendiri meski masih kuliah. Bahkan menjadi pelaku bisnis make up artist bisa membantu kamu untuk mendapatkan penghasilan lumayan.

Peminatnya juga banyak bahkan teman sekampus, jadi tidak keliru jika masuk kategori contoh bisnis kreatif mahasiswa yang menjanjikan ini. Jika teman-teman udah mulai suka dan banyak portofolio, kamu bisa membuat akun media sosial untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

5. Menjadi penjual paket kelulusan

Menjadi mahasiswa membuat kamu akrab dengan euforia wisuda atau kelulusan. Moment ini tak hanya membuka pintu rezeki bagi jasa fotografer namun juga penjual souvenir kelulusan. Kamu bisa menjajal bisnis menjual paket kelulusan tersebut. Meski musiman karena baru bisa digelar di momen wisuda, namun keuntungannya sangat lumayan.


Lumayan kan, setahun sekali kamu bisa mendapatkan banyak penghasilan tambahan.

6. Bisnis jasa penerjemah

Bagi kamu para mahasiswa yang punya kemampuan apik dalam bahasa asing, entah itu bahasa Inggris, India, atau apapun. Bisa mencoba memanfaatkannya untuk menjadi penerjemah profesional. Sangat ideal ditekuni mahasiswa dan peminatnya pun lumayan dengan penghasilan yang juga tidak mengecewakan.


Jangan dikira pekerjaan sebagai penerjemah ini hanya untuk karya tulis buku best seller saja, ada banyak hal lain seperti calon investor yang sedang ingin berinvestasi di Indonesia, seminar dengan guest start dari luar, dan masih banyak lagi lainnya.

7. Menjadi penjual buku

Biasanya dosen akan merekomendasikan judul buku tertentu supaya mahasiswa di bawah bimbingannya punya bahan bacaan. Kondisi ini membuat para mahasiswa sibuk mencari buku yang dimaksud dosen. Kamu bisa mencoba menjual buku-buku tersebut. Mahasiswa yang menjadi target pasar kamu akan terpenuhi kebutuhannya dan kamu bisa meraup profit dari hasil penjualan buku tersebut.


Baca Juga: Franchise Minuman Terlaris 2020

Berbisnis selagi masih muda merupakan langkah brilian, karena bisa mengasah kemampuan dan bakat kamu menjadi pebisnis. Meski tugas kuliah sangat banyak dan padat bukan berarti kamu tidak akan memiliki waktu luang. Jadi, manfaatkan waktu-waktu kosong tersebut untuk menjalankan bisnis kreatif. Beberapa contoh bisnis kreatif mahasiswa sudah disebutkan di atas, mana yang paling menarik perhatian kamu?

Belum ada Komentar untuk "7 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa yang Menarik untuk Dicoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel