Mengetahui Tugas (Desk Job) Admin Marketing

Tugas (Desk Job) Admin Marketing

Dalam ilmu pemasaran, admin marketing seringkali disebut juga dengan admin sales karena fokus menangani data-data penjualan. Sedangkan posisi sales marketing ditempatkan di garda depan saat mempromosikan produk, mencari customer, hingga menjalin relasi dengan mitra bisnis.

Sebagian dari kamu yang ingin melamar pekerjaan sebagai admin marketing mungkin masih bingung dengan apa saja desk job dari pekerjaan ini. Ingin tahu apa saja tugasnya, simak lebih lanjut.

Tugas Admin Marketing

Menjadi seorang admin marketing itu terkenal memiliki intensitas pekerjaan yang cukup tinggi. Maka dari itu, penting sekali memahami tugas-tugasnya dengan baik.

1. Memonitori & Memperbarui Status Penjualan

Kebutuhan akan seorang admin marketing sangat krusial, terutama saat order-an yang masuk cukup banyak. Setelah mencatat order-an yang masuk, ia perlu mengecek apakah stok barang di gudang masih ada atau tidak.

Untuk kategori bisnis online, pembaruan informasi mengenai stok barang perlu dilakukan setiap hari. Sebab, hal ini berkaitan dengan target penjualan harian dengan tujuan memberi kenyamanan berbelanja bagi customer.

2. Input Data Penjualan

Kesepakatan dalam transaksi penjualan ditandai dengan “transfer uang” via rekening. Selain itu, bisa pula dalam bentuk “piutang” sehingga masuk dalam kelompok faktur penjualan. Dan inilah tugas seorang admin marketing, yaitu input data penjualan. Adapun data penjualan yang perlu diinput meliputi nama barang, berat barang, nama ekspedisi, tujuan pengiriman, nama penerima, hingga total uang yang dibayarkan.

Adanya data lengkap mengenai status penjualan yang sudah terjadi, tentu bisa memudahkan sales marketing ketika membuat target & strategi pemasaran selanjutnya.

3. Membuat Jadwal Pertemuan Internal Team

Dalam sekali waktu, tim pemasaran yang beranggotakan product manager, engagement manager, market analyst, hingga admin marketing perlu mengadakan pertemuan. Tujuannya untuk membuat strategi dan proyeksi campaign berdasarkan data.

Nah, untuk tugas penyerahan data penjualan, dipercayakan pada admin marketing. Kemudian ditindaklanjuti menjadi dasar dari beragam aktivitas pemasaran. Termasuk pembuatan buyer persona untuk menentukan target customer bagi bisnis rintisan.

Dengan kata lain, kehadiran admin marketing dalam setiap pertemuan menjadi begitu krusial. Boleh dibilang, bahwa admin marketing turut andil dalam membangun bisnis di garda depan.


4. Menjadi Wakil dari Sales Marketing

Pada waktu sales marketing ditugaskan ke lapangan, maka penggantinya yang ideal adalah dari ranah admin. Lantas, apa yang dilakukan admin marketing ketika ditugaskan pada posisi tersebut?
Tentu menjalankan tugas admin marketing yang berhubungan dengan customer centrist. Misalnya melayani pertanyaan, melakukan pendekatan persuasif, memperkenalkan keunggulan produk, dan sebagainya.

Intinya, tugas admin marketing di sini untuk meyakinkan customer agar membeli produk ataupun memberikan layanan yang memuaskan. Untuk itulah sikap yang sigap dan cermat wajib dimiliki oleh seorang admin marketing.


Tips Sukses Menjadi Admin Marketing

Kesalahan yang dibuat pada pengalaman pertama itu merupakan hal wajar. Jalan menuju sukses menjadi seorang admin perlu waktu yang tidak sebentar. Tapi, dengan pembiasaan sikap dan komitmen tiap hari, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk sukses pasti bisa dipangkas.

A. Tetap Ramah dan Penuh Empati

Ketika ditugaskan untuk melayani customer, acapkali perasaan tak nyaman muncul. Begitu pula ketika berhubungan dengan anggota staf lain dalam satu ruang lingkup yang sama (tim marketing).
Dengan mengedepankan sikap ramah dan penuh empati, apa pun kendalanya bisa dengan mudah teratasi. Terutama yang berkaitan dengan alur komunikasi di setiap momen.

B. Satu Detik Itu Sangat Berharga

Orang-orang yang sukses menjalankan tugas sebagai admin marketing biasanya punya satu kesamaan, yakni pandai menghargai waktu. Dengan intensitas pekerjaan yang tinggi, ketinggalan sebentar saja bisa mempengaruhi alur kinerja tim marketing.

C. Bikin Daftar Kegiatan yang akan Dijalani

Istilah lainnya, bikin to-do-list tiap hari. Lakukan pada pagi hari sebelum kerja. Sebab, ketika seluruh pekerjaan dilakukan secara spontan, justru bisa memperlambat gerakan dan akhirnya tak mampu menetapi target penjualan.

Baca Juga: Alokasi Pendapatan untuk Investasi

Sekilas, menjadi admin marketing itu terlihat mudah. Tapi, apa pun pekerjaannya, sikap penuh dedikasi dan tanggung jawab tetap amat dibutuhkan. Baik ketika baru memulai karir ataupun menjalani hari-hari setelahnya.

Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Tugas (Desk Job) Admin Marketing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel