Mengetahui Tugas UI/UX Designer


Mengetahui Job Desc UI/UX Designer


Bagi anda yang berprofesi di bidang teknologi industri, khususnya branding atau admin marketing, pasti tak asing lagi dengan istilah UI/UX designer. Diskusi membahas 'UX' produk yang hebat, atau 'UI' website yang buruk pasti sudah jadi makanan anda sehari-hari.

Namun, bagi yang belum tahu istilah tersebut pasti bingung. Karena, bisa dikatakan UI/UX designer merupakan istilah profesi yang relatif baru.



Arti UI dan UX Designer

Secara teori, industri teknologi telah lama menerapkan desain UI (User Interface) dan UX (User Experience). Desain UI mengacu pada desain Antarmuka Pengguna sedangkan desain UX mengacu pada istilah desain Pengalaman Pengguna.

Secara umum desainer UI/UX adalah profesi untuk mendesain pada alat digital seperti komputer, perangkat komunikasi mobile, aplikasi software maupun website yang berfokus pada pengalaman pengguna (kemudahan menggunakan).



Perbedaan Desain UI dan Desain UX

Desain UI/UX merupakan elemen yang saling bekerja sama dan berperan penting bagi keberhasilan suatu produk di pasaran. Meski begitu, keduanya  mengatur hal yang berbeda dalam proses dan disiplin desain.

Desain UI terkait desain grafis (visual), kebutuhan dan syarat klien. Sedangkan desain UX terkait riset, hal analitis dan teknis kebutuhan pengguna. Dimana dalam prosesnya biasa dimulai dari UX lalu diikuti UI.

Elemen desain UI adalah mockups (detail visual seperti warna dan typography), grafis, layout, dan pola desain. Sedangkan elemen desain UX adalah wireframes (panduan visual dari sebuah desain interface), prototypes, riset dan pola pelanggan.

Untuk lebih mudah dipahami, desain UI adalah tentang bagaimana suatu produk dapat apik terlihat (memproduksi interface dengan keserasian warna, font dan gambar). Sedangkan, desain UX adalah tentang bagaimana sebuah produk yang anda buat dapat berinteraksi baik dengan pengguna,  mudah digunakan, tidak membingungkan dan memuaskan.

Penerapan desain UI/UX yang baik sangat berpengaruh pada konsistensi branding bisnis. Karena dapat menarik minat pengguna, meningkatkan potensi keuntungan dan merupakan salah satu strategi memenangkan persaingan pasar.



Job Desc UI/UX Designer

Tanggung jawab dan tugas UI/UX designer secara umum yaitu memberikan pengalaman pengguna online terbaik dan memastikan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Dengan cara merancang ide elemen grafis antarmuka pengguna seperti menu, tab, formulir, dan widget menggunakan berbagai metode dan teknologi terbaru.

Untuk detail job desc nya antara lain seperti :




  1. Merancang, merencanakan dan mengimplementasikan desain baru.
  2. Mengoptimalkan desain antarmuka pengguna yang telah ada.
  3. Melakukan tes intuitif pengalaman pengguna untuk mengembangkan ide desain.
  4. Menjaga komunikasi yang baik dengan klien untuk memahami tujuan dan sasaran bisnis mereka.
  5. Mengembangkan persyaratan teknis.
  6. Selalu berusaha untuk memberikan solusi yang intuitif dan berfokus pada pengguna.
  7. Selalu mengembangkan dan mengkombinasikan kreativitas dengan kesadaran akan elemen desain.
  8. Membuat prototipe untuk ide produk baru.
  9. Menguji ide-ide baru sebelum diimplementasikan.
  10. Melakukan penelitian terhadap pengguna yang sedang berlangsung (profil dan ekspektasi).

Kemampuan dan Kapabilitas

 Untuk kemampuan dan pengetahuan yang wajib dimiliki antara lain :
  • Kemampuan melakukan riset.
  • Kemampuan analitik.
  • Kemampuan untuk berpikir secara kritis.
  • Kemampuan di bidang desain grafis.
  • Kemampuan problem solving yang baik.
  • Pengetahuan di bidang pemrograman.
  • Pengetahuan di bidang typography.
  • Pengetahuan di bidang media dan komunikasi.
  • Penguasaan beberapa bahasa asing.

Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi khususnya di bidang industri membuat profesi UI/UX designer juga semakin diminati generasi millenial maupun generasi Z. Semoga ulasan singkat kami tentang tugas UI/UX designer diatas dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan.

Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Tugas UI/UX Designer "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel