Standart & Syarat Buku Best Seller di 3 Negara

Syarat Buku Best Seller

Media Literasi - Kegemaran seseorang membaca buku, baik untuk menggali informasi tentang suatu hal, menambah ilmu atau sekedar menghabiskan waktu luang menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa terlepas dari keseharian.

Ada banyak sekali manfaat dari rajin membaca buku antara lain seperti menstimulasi mental, memperbanyak kosakata, meningkatkan kemampuan memori, fokus dan juga konsentrasi. Bagi kalangan anak, jenis buku yang dianggap menarik adalah komik, karena ceritanya yang menghibur dengan gambar-gambar imajinatif dan tokoh-tokoh kartun yang lucu.

Sedangkan untuk kalangan remaja, novel sepertinya lebih diminati karena isinya dapat menginspirasi apalagi jika tentang cerita cita dan cinta yang kekinian. Bagi para ibu sendiri biasanya tak pernah ketinggalan membaca buku resep masak, buku teori parenting atau buku home decor.

Lantas, dari sekian banyak judul buku yang ada di pasaran kira-kira mana paling diminati pembaca? Jawabannya pasti buku best seller!

Misalnya saja buku novel best seller karya Andrea Hirata dengan judul Laskar Pelangi yang penjualannya mencapai lebih dari lima juta eksemplar dari seluruh dunia. Saking diminatinya, kisah novel tersebut kemudian dibuat versi layar lebar dan sukses besar.



Standar Syarat Buku Best Seller

Mungkin sebagian dari kamu yang saat ini berprofesi menjadi penulis ada yang bertanya tentang syarat buku best seller. Apa saja syarat sebuah buku dapat dikategorikan best seller? Dan bagaimana standar syarat yang berlaku di tiap negara? Simak ulasannya berikut.



1. Indonesia

Di Indonesia, syarat supaya buku dikategorikan best seller umumnya tergantung ketentuan tiap penerbit. Contoh, saat penjualan buku tersebut bisa menembus angka 50.000 eksemplar per tahun. Seperti syarat yang ditetapkan oleh penerbit Gramedia. Jadi, beda penerbit beda juga syarat pengkategorian best seller nya.

Banyak ditemukan kasus dimana ada penulis yang berusaha untuk memanipulasi penjualan bukunya, dengan sengaja membeli buku tersebut dalam jumlah yang sangat banyak hanya untuk menaikkan rating buku, hingga kemudian buku tersebut dipindahkan ke rak best seller.

Hal ini disebabkan oleh belum adanya asosiasi khusus untuk menetapkan standar buku best seller di Indonesia, negara kita tercinta ini.


2. Inggris

Sebuah penerbit ternama bernama Publisher Weekly, dipercaya untuk merilis daftar buku best seller di Inggris. Ada beberapa standar yang ditetapkan agar sebuah buku meraih predikat best seller disana, antara lain :
  • Penjualan buku harus mencapai target 4-25 ribu eksemplar per minggu.
  • Ada masa tunggu bagi penulis untuk memberikan kesempatan bagi asosiasi marketing untuk mensurvei penjualan buku.
  • Bila asosiasi marketing menemukan kecurangan terhadap penulis yang terbukti memanipulasi penjualan dengan cara membeli sejumlah buku karyanya sendiri,  maka pelabelan best seller akan dicabut / didiskualifikasi.

3. Amerika

Di Amerika, penerbit yang mendapat otoritas menentukan standar buku best seller adalah The New York Times. Masyarakat dapat mengetahui buku-buku apa saja yang dikategorikan best seller melalui sebuah daftar yang dirilis berkala yang disebut New York Times Best Seller List. Selain masyarakat di Amerika daftar ini juga menjadi acuan masyarakat dunia lho.

Tak hanya mendasarkan penilaian pada banyaknya jumlah penjualan buku saja, The New York Times juga menilai kualitas editorial buku tersebut. Terkesan ketat ya. Namun, manipulasi data oleh penulis atau penerbit demi mendapatkan predikat best seller atas bukunya juga masih menjadi isu utama disana.

Nah, itulah informasi tentang standar syarat buku best seller di 3 negara yang bisa kami sampaikan, Banyaknya nilai penjualan buku bukanlah satu-satunya syarat sebuah buku dapat dikategorikan best seller, tidak hanya mengacu pada negara saja, kategori best seller juga mengacu pada aturan yang diberlakukan setiap penerbit, khususnya di Indonesia sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Standart & Syarat Buku Best Seller di 3 Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel