Tips dan Cara Investasi untuk Anak Muda [PANDUAN]


Cara Investasi untuk Anak Muda
Mungkin beberapa dari anda baik pelajar, pekerja, atau mahasiswa merasa begitu kesulitan untuk menyisihkan sebagian pendapatan yang diterima setiap bulannya untuk berinvestasi. Tak jarang, uang yang anda terima cepat sekali habis dan tidak menyisakan dana untuk diinvestasikan.

Namun anda tidak perlu kuatir karena dalam kesempatan kali ini akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana cara investasi untuk anak muda yang terbukti bisa memberikan keuntungan di masa yang akan datang.


Tips dan Cara Investasi untuk Anak Muda

Memulai berinvestasi sejak dini dan secara disiplin dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi anda. Jika anda masih bingung bagaimana cara cara investasi untuk anak muda, atau bagaimana mengelola pendapat yang tepat serta bagaimana cara alokasi pendapatan yang pas setiap bulannya, yuk simak ulasan berikut ini.


A. Metode 50/30/20


Metode ini merupakan suatu cara mengelola pendapatan dengan cara membagi penghasilan perbulan anda menjadi tiga pos. Yaitu pos kebutuhan primer, tabungan atau investasi, dan hiburan. Metode seperti ini terbilang cukup efektif, karena alur keuangan anda akan lebih jelas dan terarah.

Pembagian uang untuk metode yang pertama ini adalah, 50% dari total penghasilan anda, digunakan untuk kebutuhan primer. Seperti, membayar cicilan rumah, listrik, air, kuota HP, biaya makan, transport, dsb.

Sedangkan 20% dari total pendapatan anda, anda pergunakan untuk investasi dan tabungan, serta 30% sisanya untuk biaya hiburan, seperti shoping, nongkrong, nonton, travelling, dsb.



B. Metode 60/20/20

Pada sistem metode ini, pembagian pos untuk mengalokasikan pendapatan anda sama dengan metode sebelumnya. Hanya perbedaannya terdapat pada total persentase yang digunakan. Jika sebelumnya, dana yang dialokasikan untuk kebutuhan primer adalah 50%, maka pada metode ini, dana yang dialokasikan sebesar 60%.

Metode ini, dapat anda pilih jika dirasa pengeluaran anda untuk kebutuhan primer memang lebih banyak. Namun, harus tetap ada dana yang harus anda alokasikan untuk berinvestasi. Tak berbeda dengan metode sebelumnya, pada metode ini, uang yang anda harus sisihkan untuk berinvestasi sebesar 20%.

Perbedaannya terletak pada biaya hiburan. Pada metode ini, anda perlu sedikit mengurangi biaya hiburan anda menjadi 20% dari total pendapatan anda. Hal ini rasanya cukup bijaksana, mengingat kebutuhan primer anda yang besar, maka anda harus meminimalisir biaya hiburan yang dikeluarkan.

Kedua metode ini hanya sebagai acuan yang dapat anda gunakan untuk mengatur alur pendapatan anda. Persentasenya dapat anda ubah – ubah sendiri sesuai dengan keinginan anda. Jika memang dalam satu bulan biaya kebutuhan primer anda tidak terlalu besar, anda dapat menambah biaya hiburan anda.

Jika biaya hiburan anda sudah habis, namun ada sesuatu yang anda ingin beli, anda bisa menahan keinginan tersebut sampai bulan berikutnya, atau anda bisa mengalokasikannya pada pos tabungan. Hendaknya, seberapapun jumlah pendapatan anda, sangat baik jika anda mulai memiliki investasi.



Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemuda

Di zaman sekarang, berinvestasi tidaklah harus dengan jumlah uang yang besar. Dengan dana yang relative kecil dan terjangkau, ada banyak pilihan investasi yang dapat anda gunakan. Berikut beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemuda.
Investasi yang Cocok untuk Pemuda

A. Tabungan Emas

Sekarang ini berinvestasi dalam bentuk emas atau logam mulia tidak lagi menjadi hal mustahil bagi anda yang mungkin berpenghasilan pas – pasan. Jika sebelumnya anda harus mempunyai sejumlah uang yang cukup banyak untuk dapat membeli logam mulia, sekarang tidak lagi. Hanya dengan dana mulai dari Rp 50.000 anda sudah dapat memulai menabung emas.

Emas merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang yang dapat anda jadikan pilihan. Emas dikategorikan kedalam jenis investasi yang aman.Disamping itu, pergerakan harga emas yang cenderung juga selalu mengalami kenaikan setiap hari nya. Jenis investasi seperti ini merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan bagi anda.

B. Ori dan Sukuk Ritel

ORI atau Obligasi Ritel Indonesia adalah surat hutang (obligasi) yang diterbitkan secara resmi oleh pemerintah untuk perorangan. ORI merupakan salah satu instrumen investasi yang aman, dan terjamin karena resmi dikeluarkan oleh pemerintah, serta tidak memerlukan modal besar, sehingga dapat dimiliki oleh siapa saja.

Disamping itu proses pembeliannya juga mudah, dapat dilakukan secara online melalui e-SBN. Keuntungan yang anda dapatkan dapat mencapai 6,8% per tahun. Jika anda ingin berinvestasi disini, anda harus cermat mencari informasi kapan obligasi ini mulai diperjualbelikan. Karena memang obligasi ini hanya di perdagangkan dalam kurun waktu tertentu

Sukuk Ritel adalah produk investasi berbasis syariah yang ditawarkan oleh pemerintah kepada masyarakat luas. Sukuk merupakan instrumen investasi yang aman, dan ringan, karena dana yang dibutuhkan untuk awal pemesanan hanya sebesar Rp 1.000.000 saja.

Dengan nominal imbalan yang tetap dan dibayarkan setiap bulannya, sukuk ritel ini merupakan langkah awal yang aman jika anda baru ingin memulai berinvestasi. Investasi jenis ini lebih aman dan memiliki resiko kerugian yang kecil.

C. Reksa dana

Menurut Undang – Undang pasar modal No.8 Tahun 1995, Reksa dana adalah suatu wadah yang digunakan oleh masyarakat untuk berinvestasi di instrumen pasar keuangan.  Anda dapat mendatangi bank dan lembaga keuangan lain yang menyediakan produk reksa dana. Setelah itu nantinya anda akan menyerahkan sejumlah uang sebagai bentuk modal awal investasi anda.

Nantinya, seorang manager investasi akan membantu anda untuk mengalokasikan sejumlah dana anda tersebut kebeberapa instrumen keuangan yang berbeda. Seperti saham, obligasi, sukuk, dsb. Dengan reksa dana, pos investasi anda akan semakin luas dan beragam. Selain anda meminimalisir resiko, anda juga dapat memperoleh lebih banyak keuntungan.

Dari beragam jenis dan cara cara investasi untuk anak muda diatas, anda dapat menentukan dan memilah sendiri manakah jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan dan karakter anda. Demi masa depan yang lebih baik, mulailah belajar untuk berinvestasi sejak dini, dengan modal yang kecil pun tidak masalah, karena semua hal besar berawal dari suatu langkah kecil yang dilakukan terus menerus.

Selamat berinvestasi!

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Cara Investasi untuk Anak Muda [PANDUAN]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel